Jumat, 09 November 2012

TIPS PEMBELAJARAN OPTIMAL ANAK USIA DINI


Setiap Orang tua pasti mengharapkan agar anak-anaknya dapat tumbuh dan berkembang secara optimal. Untuk mewujudkan impian tersebut maka tidak sedikit orang tua yang hingga secara sukarela mau mengekuarkan biaya yang besar bagi pemenuhan kebutuhan tumbuh kembang anak-anaknya secara optimal. Tetapi tahukah anda bawa sesungguhnya besarnya biaya yang dikeluarkan bukanlah menjadi jaminan bahwa nantinya anak-anak mereka akan mendapatkan stimulasi yang memadai dan optimal sesuai kebutuhan anak.
Apalagi masih banyaknya anggapan orang tua bahwa tugas dan tanggungjawab utama untuk memberikan pendidikan adalah pihak lembaga sekolah. Padahal kita tahu bahwa sebagian besar waktu yang dihabiskan anak-anak adalah bersama orang tua dan keluarganya, sementara waktu yang dibutuhkan di sekolah hanya sebagian kecil saja. Untuk itu sebenarnya setiap Orang tua perlu memiliki pengetahuan dan kemampuan yang cukup untuk merawat dan mendidik anak agar kebutuhan tumbuh kembang anak dapat diberikan secara optimal sesuai usiannya.

Berikut beberapa tips dan pengetahuan yang perlu dimiliki oleh orang tua dalam upaya merawat dan mendidik anak usia dini :
  1. Tahukah anda bahwa untuk mengajak anak belajar perlu teknik dan strategi tersendiri, termasuk soal pemilihan suasana hati dan waktunya.
  2. Anak diajak belajar saat hatinya dalam keadaan senang dan tubuhnya dalam keadaan bugar.
  3. Pola belajar terbaik adalah saat anak merasakan senang. Sedangkan waktu terbaik adalah pagi-pagi sesudah bangun tidur, dan menjelang tidur.Mengajak anak belajar di siang hari justru bukanlah waktu terbaik, karena anak dalam keadaan lelah.
  4. Ketika anak dalam keadaan senang, sistim limbik di dalam otak terbuka. Sistem limbik adalah pusat emosi, dimana ketika anak dalam keadaan senang, maka sistem informasi akan terbuka dan tersimpan di dalam korteks.
  5. Kalau anak dalam keadaan tidak senang, informasi dan materi sebaik apa pun tidak akan masuk dan tersimpan di dalam otaknya.
  6. Sedangkan, pada saat setelah sholat subuh dan menjelang tidur, anak memiliki gelombang alfa, dan memiliki tingkat konsentrasi yang penuh. Sehingga hal tersebut adalah momen yang tepat untuk menyampaikan informasi dan langsung masuk ke dalam area korteksnya. Hal itulah yang menyebabkan orang jaman dulu selalu suka mendongeng sebelum tidur kepada anaknya. Bahkan, hingga dewasa pun sang anak masih mengingatnya.
  7. Yang perlu diingat dan diperhatikan oleh orang tua agar tidak menumpuk semua bahan belajar bagi anak. Karena, hal tersebut justru membuat anak menjadi tidak fokus.
  8. Selain itu, perlu diperhatikan untuk memberi waktu istrirahat yang cukup ketika dan selama proses belajar. Hal ini sangat penting untuk merefresh otak anak. 
  9. Jangan belajar full, tetapi imbangi dengan take a rest, misalnya bermain games, curhat dan sebagainya. Sifat resting itu pada dasarnya hanya berpindah kepada hal lainnya, dari apa yang dia pikirkan.
  10. Pada dasarnya anak bisa belajar berjam-jam. Tetapi orang tua perlu mengetahui, bahwa dalam kematangan otaknya, anak butuh kondisi lain untuk merefresh otaknya. Hasil penelitian membuktikan bahwa 7-17 menit anak-anak harus refresh dengan kegiatan lain.
Semoga bermanfaat ...

Tidak ada komentar:

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!
Powered By Blogger