Kamis, 22 Maret 2012

Magang Pendidik PAUD dari Pacitan ke PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY

BPKB DIY - Empat belas pendidik PAUD dari tiga rombongan mulai tanggal 13/2/2012 hingga tanggal 15/2/2012 melaksanakan magang di PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY. Tiga rombongan tersebut terdiri dari PAUD binaan SKB Pacitan Jawa Timur sebanyak 5 orang, Kelompok Bermain Masjid Syuhada Yogyakarta sebanyak 4 orang dan Kelompok Bermain Khubul Wathon Desa Poko Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan sebanyak 5 orang. Magang ketiga rombongan ini bertujuan untuk mencari pengalaman di bidang pembelajaran sentra yang dikembangkan oleh PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY.

Direktorat PAUD Kemendiknas pada tahun 2008 menunjuk PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY sebagai PAUD Percontohan, sehingga menyebabkan magang ke PAUD Bina Hati semakin banyak. Model pembelajaran dengan sistem sentra (sentra musik, sentra seni, sentra balok, sentra alam, sentra persiapan), ditambah dengan tempat yang sederhana namun representatif, menjadikan PAUD Bina Buah Hati BPKB DIY sebagai salah satu tujuan utama magang bagi lembaga maupun organisasi PAUD.

Pelaksanaan pembelajaran sentra inilah yang menjadi pusat perhatian bagi pendidik di Kelompok Bermain Syuhada Masjid Yogyakarta. ''Kami ingin mengetahui dan belajar lebih banyak tentang pelaksanaan pembelajaran pendekatan sentra, karena kami masih menggunakan pendekatan area atau sudut'', ungkap Rinawati Nurchanah mewakili pendidik lainnya dari KB Masjid Syuhada.

Sementara itu Luluk Munfaati, pendidik KB Khubul Wathon Desa Poko Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan sangat terkesan dengan ketekunan pendidik di Bina Buah Hati dalam mendampingi anak-anak. ''Saya sangat terkesan anak-anak ini bisa fokus dan mandiri dalam setiap kegiatan sentra. Walaupun banyak orang yang datang mereka tetap nyaman dan fokus. Heran saya, tidak ada anak yang berlari keluar dari sentra. Mereka asyik bermain di dalam sentra bersama teman-temannya.'' Lebih jauh, Luluk terkesan dengan sentra yang sederhana dan bisa membuat anak-anak nyaman.

Sedangkan Ririh Enggar Murwani, Kepala SKB Pacitan yang pada kesempatan ini mengantarkan 5 orang pendidik PAUD binaan SKB, mengungkapkan bahwa magang ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pendidik. Dengan melaksanakan kunjungan ke PAUD Bina Buah Hati diharapkan mendapatkan informasi terbaru tentang praktek pembelajaran PAUD. ''Kami yang di daerah sering terlambat mendapatkan informasi terbaru tentang pembelajaran,'' kata Ririh didamping Rina Bomantari Pamong Belajar SKB Pacitan dan para pendidik PAUD.

Mahmudin, MM mewakili pengelola PAUD Bina Buah Hati menjelaskan bahwa magang pada hari pertama diisi dengan kegiatan pengamatan pembelajaran, dan diakhiri dengan diskusi bersama pendidik PAUD Bina Buah Hati. Diskusi disertai dengan merumuskan pembagian tugas magang untuk hari kedua dan ketiga kepada 14 pendidik dari tiga rombongan. Hari kedua pendidik melakukan praktek magang sesuai rancangan yang sudah disepakati dan diakhiri diskusi bersama. Demikian pula magang pada hari ketiga.


Sumber Berita : http://bpkbdiy.com/id/

Tidak ada komentar:

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!
Powered By Blogger