Kamis, 13 Mei 2010

MENGENAL MODEL MANAJEMEN KONFLIK

Apakah dalam keseharian anda terjadi konflik? atau mungkin disekitar anda terdapat konflik? ataukah kelompok anda memiliki konflik dengan kelompok lain?
Konflik memang mengejutkan bagi segelintir orang. Konflik melekat erat dalam jalinan kehidupan, sehingga kita dituntut untuk memperhatikan konflik dan mencari jalan meredam ketakutan terhadap konflik. Dengan demikian, langkah yang baik sekali dalam memanajemen konflik adalah mengklasifikasikan peristiwa dan mengidentifikasikan apa yang anda lakukan secara pribadi, siapa yang terlibat dan apakah konflik telah menyebar atau menjadi konflik yang lebih luas melibatkan banyak orang.
Bila anda telah melakukan identifikasi dan klasifikasi konflik yang terjadi serta efek yang ditimbulkan, maka anda harus memiliki langkah ataupun strategi untuk mengatasi konflik tersebut. Model pendekatan atau model penyelesaian konflik berdasarkan pendapat Dr. William Hendricks di bawah ini dapat anda gunakan sebagai alternatif model penyelesaian yang sesuai dengan kondisi konflik yang terjadi.
  1. Model penyelesaian konflik dengan mempersatukan (Integrating)
  2. Model penyelesaian konflik dengan kerelaan untuk membantu (obliging)
  3. Model penyelesaian konflik dengan mendominasi (dominating)
  4. Model penyelesaian konflik dengan menghindar (avoiding)
  5. Model penyelesaian konflik dengan kompromis (compromising)

Tidak ada komentar:

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!
Powered By Blogger