Rabu, 23 Januari 2013

PEMBINAAN MANAJEMEN GUGUS PAUD DAN PUSAT KERJA GUGUS (PKG) KABUPATEN PACITAN TAHUN 2013



Pacitan – Dalam rangka untuk memenuhi tuntutan kebutuhan tenaga pendidik PAUD dan tenaga kepandidikan/Pengelola PAUD yang memiliki kompetensi memadai dan komprehansif, maka pada tanggal 22 Januari tahun 2013, telah diselenggarakan kegiatan program Pembinaan Manajemen bagi Gugus PAUD dan Pusat Kerja Gugus (PKG)  se-kabupaten Pacitan yang dilaksanakan di Aula Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pacitan. 

Dalam sambutan dan laporan Ketua Panitia penyelenggara,  yang dalam hal ini disampaikan oleh Ibu Sriati Wulansih, S.Pd.,M.Pd. yang menjabat sebagai Kepala Bidang PLS Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Pacitan, bahwa Kegiatan tersebut diikuti oleh 129 peserta dari 12 Kecamatan yang ada di Kabupaten Pacitan, yang meliputi unsur peserta dari ; Gugus PAUD, Pusat Kerja Gugus (PKG), Pengawas TK/SD, Penilik PAUD/PLS, IGTKI dan HIMPAUDI. Dalam kegiatan tersebut, Panitia penyelenggara menghadirkan 2 nara sumber  yaitu ; Bapak Suyadi, S.Pd,M.Pd. (Ketua Himpaudi Propinsi Jawa Timur) dan Bapak Drs. Totok Isnanto (Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Propinsi Jawa Timur).

Lebih lanjut disampaikan bahwa sejalan dengan digulirkannya program PAUD Terpadu, maka Gugus TK yang sebelumnya sudah berjalan untuk selanjutnya diperluas menjadi Gugus PAUD, dimana dalam satu gugus beranggotakan pendidik TK,TPA, KB, dan atau SPS. Gugus PAUD di Kabupaten Pacitan sudah terbentuk di seluruh kecamatan (12 Kecamatan). Dari setiap Gugus PAUD yang terbentuk tersebut adalah merupakan kumpulan dari 3-8 lembaga PAUD (Taman Kanak-Kanak , Kelompok Bermain, Taman Penitipan Anak, atau Satuan PAUD Sejenis) yang berdomisili dalam area terdekat dalam satu kecamatan. Pembagian area menjadi sangat relatif, tergantung pada letak geografisnya.

Ada dua unsur keanggotaan di setiap Gugus PAUD  yang terdiri dari guru-guru  PAUD dan Kepala/Pengelola lembaga PAUD. Untuk guru-guru yang ada di setiap gugus tersebut memiliki program kerja gugus yang disebut dengan Kelompok Kerja Guru (KKG) PAUD yang merupakan wahana bengkel kerja guru-guru anggota gugus.  Sedangkan untuk Kepala /Pengelola lembaga PAUD  juga memiliki program kerja Gugus sebagai wahana bengkel kerja bagi Kepala/Pengelola lembaga PAUD yang mejadi anggota gugus. Kemudian Kumpulan dari beberapa Gugus PAUD yang terbentuk di setiap Kecamatan tersebut senjutnya akan membentuk wadah yang  dinamakan Pusat Kerja Gugus (PKG) PAUD Kecamatan. Dengan keberadaan PKG tersebut diharapkan akan mampu menjembatani upaya untuk memudahkan dalam melakukan pembinaan ke seluruh Gugus PAUD.  Selajutnya dalam rangka untuk lebih mengoptimalkan fungsi Gugus PAUD dan PKG yang merupakan representatif gugus se kecamatan, maka Direktorat Pembinaan PAUD telah memfasilitasi berupa bantuan stimulan bagi pembinaan Gugus melalui PKG.

Pembentukan Gugus PAUD tersebut juga dimaksudkan sebagai upaya solusi untuk mengatasi permasalahan mendasar yaitu kurangnya akses pendidik PAUD untuk mendapatkan pembinaan yang terencana dengan baik, intensif dan berkesinambungan dalam bentuk pendidikan maupun pelatihan secara optimal sesuai dengan tuntutan kebutuhan. Untuk membentuk Gugus PAUD diperlukan keterbukaan dan komitmen kuat semua pihak, karena sangat memungkinkan keanggotaan Gugus TK yang sudah sejak lama ada nantinya akan berubah atau bertambah dengan masuknya pendidik TPA, KB, dan SPS.  

Dengan komitmen bersama untuk memajukan pendidikan anak usia dini yang berkualitas di Indonesia dimasa depan, maka diyakini keberadaan Gugus PAUD adalah salah satu alternatif solusi yang tepat dan strategis bagi percepatan peningkatan kualitas pendidik  dan tenaga Kependidikan/Pengelola PAUD di Indonesia.  (HSW) 

Tidak ada komentar:

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!