Jumat, 09 April 2010

Pemerintah Targetkan 2011 Bebas Anak Jalanan


Jakarta (ANTARA) - Pemerintah menargetkan pada 2011 Indonesia sudah bebas dari anak jalanan, terutama dari kalangan anak usia sekolah dasar hingga SMP. "Pemerintah sudah menyiapkan anggaran dan program," kata Menteri Sosial Salim Segaf Al Jufri saat peringatan Harlah Ke-64 Muslimat NU di Jakarta, Kamis.
Menurut dia, pembinaan anak jalanan yang dilakukan pemerintah juga menjangkau peran orang tua yang lebih bertanggung jawab. "Alasan tak bisa menyekolahkan karena alasan biaya itu klasik, pemerintah sudah siapkan program sekolah gratis sampai SMP," katanya. Terkait dengan anak jalan, Ketua Umum Muslimat NU, Khofifah Indar Parawansa, mengatakan, pemerintah dapat menggandeng elemen masyarakat yang selama ini menaruh perhatian kepada anak jalanan dengan mendirikan rumah singgah. Menurut dia, salah satu rumah singgah yang dikelola Muslimat NU di Surabaya dapat dijadikan model karena selain membina anak jalanan juga orang tuanya sekaligus. "Untuk anak-anak diberikan pelajaran etika, nilai-nilai sosial, sementara orang tuanya diarahkan agar tidak mengeksploitasi anaknya," kata Khofifah. Dikatakannya, penanganan anak jalanan yang dilakukan Malaysia tidak ada salahnya dipraktikkan pula di Indonesia. Di negara jiran itu, jika ada anak usia sekolah hingga SMA berkeliaran sebagai anak jalanan, sementara biaya pendidikan sudah dibebaskan, maka orang tuanya yang dihukum. Demikian pula penanganan anak jalanan yang dilakukan China. Di negara itu, anak jalanan diberi modal untuk berkreasi yang hasilnya bisa dijual sebagai penghasilan tambahan."Tetapi bukan dieksploitasi. Artinya pekerjaan itu tetap bisa dilakukan dengan senang, menambah keterampilan, juga penghasilan," katanya.
Menurut Khofifah, tidak semua orang tua yang "mempekerjakan" anaknya di jalanan benar-benar dililit kemiskinan, namun mereka terlanjur mendapat keuntungan dengan praktik seperti itu.

Tidak ada komentar:

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!

Pingin Tahu Tentang Program PPAUD ? Segera Hubungi Kami !!!
Powered By Blogger